Kamis, 04 Maret 2010

PENGARUH ZPT ROOT – UP PADA PEMBIBITAN BUAH NAGA BERDAGING PUTIH ( HylocereusUndatus )

Buah naga merupakan tanaman dari keluarga kaktus dengan karakteristik memiliki duri pada tiap ruas batangnya. Buah naga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia dan saat ini sudah mulai banyak digemari oleh masyarakat. Tanaman ini termasuk tanaman yang baru dikembangkan di Indonesia. Gemerincing rupiah terus mengalir kekantung para pembibit. Sementara itu permintaan konsumen akan bibit buah naga terus meningkat. Untuk mengatasi hal tersebuh diperlukan suatu cara untuk mempercepat pembibitan. Dari itu dilakukan percobaan dalam bentuk Proyek Usaha Mandiri (PUM) guna mengetahui pengaruh perangsang akar ZPT Root – up terhadap pertumbuhan bibit dan efektifitas usaha tani pembibitan buah naga dengan menggunakan ZPT Root – up.
Proyek Usaha Mandiri (PUM) ini dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Desember 2006 di Rumah kawat Politeknik Negeri Jember. Metodelogi pelaksanaan dilakukan dengan dua cara yaitu dengan meggunakan perangsang akar ZPT Root – up dan tanpa menggunakan ZPT atau sebagai kontrol. Masing – masing perlakuan terdapat 100 populasi bibit. Untuk membedakan kedua perlakuan digunakan perlakuan statistik yang dilakukan dengan Uji T (T test). Adapun prosedurnya meliputi persiapan bahan stek, penyiapan bedengan, penyiapan media, penanaman, perawatan dan pemasaran bibit.
Berdasarkan hasil analisis Usaha Tani biaya yang dikeluarkan untuk perlakuan lebih banyak dibanding dengan kontrol yaitu ; Rp. 128.975 dengan perlakuan, Rp. 115.225 untuk kontrol. Keuntungan yang diperoleh deri bibit dengan perlakuan Rp.116.025 dan kontrol Rp. 121.775 jadi tanpa perlakuan diperoleh keuntungan Rp. 5.750 lebih besar dari perlakuan. Dengan ini menunjukkan bahwa pembibitan tanpa ZPT lebih efektif dibanding dengan menggunakan ZPT karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dan lebih menguntungkan. Hasil Uji T (T test) menunjukkan kedua perlakuan baik dengan menggunakan ZPT Root – up dan kontrol hasilnya tidak signifikan atau berbeda nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar